Posting Gambar di Blog

Perlu diperhatikan jika soal tidak muncul, ini dikarenakan beberapa soal online pada situs ini menggunakan format SWF (Flash), jadi anda harus pastikan bahwa komputer anda sudah terinstall flash player, jika belum di install, silahkan klik tautan berikut untuk install flash player: => Install Flash Player.

Bismillah....

Suatu ilmu, atau hal apapun yang kadang dibilang sepele oleh kita, tapi bagi sebagian orang lain hal tersebut malah begitu rumit dan butuh waktu untuk mempelajarinya. Memposting artikel yang tidak disisipi gambar akan terlihat kaku, dan kurang menarik dilihat, gambar bisa dimanfaatkan sebagai pemanis dan memperkuat informasi yang di berikan, apalagi informasi yang diberikan berupa tutorial, hal ini menjadi wajib dan harus ada untuk mempermudah pemahaman pembaca.

Memposting artikel yang disisipi gambar, atau sebagian blogger yang memanfaatkan blognya untuk bisnis biasanya memanfaatkan cara ini untuk mempromosikan produknya sebenarnya sangat mudah dilakukan, fasilitas berupa tool tambah gambar sudah disediakan saat kita melakukan posting.
tampilan tool posting editor lama

tampilan tool posting editor diperbarui

Blogger.com memberikan keleluasaan kepada penggunanya untuk mengupload gambar sampai dengan 8MB dalam sekali upload, woww! sangat besar sekali kan? tapi sangat disarankan sebelum anda mengupload gambar, anda harus meresize gambar terlebih dahulu ke ukuran yang lebih kecil, bisa memanfaatkan software Image Resize (bisa anda baca di posting blog Mr.Mung), bisa juga memanfaatkan Resize Image Online atau memanfaatkan software photoshop, atau mungkin yang paling sederhana lagi memanfaatkan program paint di windows, karena biasanya gambar yang anda ambil menggunakan kamera digital ukuran gambarnya cukup besar antara 1 MB - 3MB/ gambar, kalau gambar hasil jepretan kamera handphone rata-rata 50kb - 1MB.

sebagai contoh:

Resolusi Gambar: 2592 x 1944
Ukuran berkas: 2647KB = 2,6MB
Jenis berkas: jpg


Setelah di Resize Online disini, akan mendapatkan informasi lengkap:
Camera make : Canon
Camera model : Canon PowerShot A460
Date/Time : 2008:12:27 10:57:06
Resolution : 600 x 450
Flash used : No (auto)
Focal length : 5.4mm (35mm equivalent: 39mm)
CCD width : 4.93mm
Exposure time: 0.0025 s (1/400)
Aperture : f/2.8
Focus dist. : 3.97m
ISO equiv. : 80
Whitebalance : Auto
Metering Mode: matrix
Comment : Image Resized at http://www.shrinkpictures.com
Ukuran berkas: 76,2KB

Mengatur ukuran gambar sebelum diupload sangat diperlukan untuk memperlancar proses upload dan juga untuk meringankan loading blog ketika di akses orang lain. Saya yakin anda tidak ingin pengunjung blog anda langsung kabur ketika membuka blog yang loadingnya lambat sekali karena akibat besarnya ukuran gambar yang anda upload.


Posting selanjutnya bagaimana memposting artikel dengan disisipi gambar pada editor lama.

Bagi yang gak ada waktu dan gak mau repot cara membuat dan mengedit blog,
serahkan saja kepada Mung Bisnis | Jasa Pembuatan Blog.